Teori Atom

Nama atom berasal dari bahasa Yunani yaitu “atomos” yang artinya tidak dapat dibagi lagi atau bagian terkecil dari suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi. Konsep atom yang menyatakan bahwa atom merupakan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi dikenalkan oleh ahli filsafat Yunani dan India.

Di bawah ini bberapa teori atom menurut bebrapa ahli

  1. Model atom Dalton

Dalton mengemukakan pendapatnya tentang atom yang didasarkan pada dua hukum yaitu Hukum kekekalan massa dan hukum susunan tetap Prouts. Menurut Lavoiser “massa total zat  zat sebelum reaksi akan akan selalu sama dengan massa total zat  zat hasil reaksi, sedangkan menurut Prouts “Perbandingan massa suatu senyawa selalu tetap”. Dari kedua Hukum tersebut dalton mengeukakan gagasannya.

a. Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi.

b. Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil

c. Atom – atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhanamisalnya atom hidrogen dan atom oksigen

d. Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom – atom sehingga atom tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan.

Kelebihan

  • Mulai membangkitkan minat terhadapa penelitian mengenai model atom

Kelemahan

  • Teori atom Dalton tidak dapat menjelaskan suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik

2. Model Atom Thomson

Menurut Thomson bahwa atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dengan eletron yang bermuatan negatif tersebar merata dipermukaannya. Model atom Thomson disebut juga model atom yang menyerupai roti kismis.

Kelebihan dan kelemahan athom Thomson

Kelebihan

  • Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur.

Kelemahan

  • Model atom Thomson tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dalam bola atom tersebut.

3. Model atom Rutherford

Model atom Rutherford menyatakan bahwa atom terdiri inti atom , dan bermuatan positifyang sangat kecil dan bermuatan dikelilingi elektron yang bermuatan negatif. Ruthermuford memperkirakan bahwa dalam inti atom terdapat partikel netral yang berfungsi mengikat partikel  partikel positif agar tidak saling tolak menolak.

Kelebihan

  • Membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti dan elektron yang mengelilingi inti

Kelemahan

  • Tidak dapat menjelaskan mengapa  elektron tidak jatuh ke dalam inti atom. Berdasarkan teori fisika , gerakan elektron mengelilingi inti ini diserta pemancaran energi sehingga lama  kelamaan energi elektron akan berkurang dan lintasannya akan makin lama akan mendekati inti dan jatuh ke dalam inti.

4. Model Atom Bhor

Dalam atom hidrogen Bhor memberikan beberapa asumsi;

  1. Elektron bergerak dalam orbit melingar disekeliling proton dibawah pengaruh gaya coulomb

ruther

2. Ukuran dari orbit  orbit yang diperkenankan ditentukan oleh momentum sudut orbital elektron, dimana nilainya adalah :

mvr = nh /2π

n = 1,2,3,……

jari – jari orbit elektron (rn = 0,0529 n

3. Radiasi dapat dipancarkan oleh atom ketika elektron berpindah dari orbit stasioner yang energinya lebih rendah

Eo – E1 =h f

4. Elektron tidak dapat berputar disekitar inti melalui setiap orbit, tetapi elektron melalui orbit – orbit stabil tertentu tanpa meradiasi energi.

Tingkat  energi terendah adalah jika n = 1yany disebut tingkat dasar. dan di atas energi tingkat dasar adalah tingkat eksitasi. Karena elektron bersifat diskret maka energi yang diperlukan untuk mengeksitasi elektron juga diskret.

Besarnya energi yang diserap atau dipancarkan :

Kelemahan

  • Hanya dapat menjelaskan atom sederhana atau ion yang hanya mengandung satu elektron , untuk atom atau ion yang berelektron banyak tidak mampu menjelaskan.

Contoh soal :

Sebuah elektron berpindah dari lintasan n = 3 ke n = 1 dengan memancarkan energi. Hitunglah  energi foton yang dipancarkan .

diket : na = 3 , nb = 1

Ditanya : a. ΔE ……

Jawab :

jawab