a. Saklar batas (limit switch)

Saklar batas (limit switch) diaktuasikan ketika suatu bagian mesin atau benda-benda kerja sedang dalam posisi tertentu. Secara normal, aktuasi diberlakukan dengan suatu gerakan. Saklar batas (limit switch) akan menggantikan kontak-kontak pada dasarnya dihubungkan sebagaimana yang disyaratkan sebagai suatu kontak yang terbuka secara normal, kontak yang tertutup secara normal atau perubahan kontak.

b. Saklar proksimitas (proximity switch)Berbeda dengan Saklar batas (limit switch), saklar proksimitas (proximity switch) bekerja tanpa kontak langsung dengan objeknya dan tanpa gerakan mekanik. Sehingga, saklar proksimitas (proximity switch) bisa berumur panjang dan kinerja saklar tersebut sangat handal. Jenis saklar proksimitas (proximity switch) dibedakan sebagai berikut

Reed switch adalah saklar proksimitas yang bekerja secara kemagnitan, terdiri dari duakontak yang diletakan didalam tabung gelas berisi gas. Medan magnit yang menyebabkan kedua kontak tersebut terhubung sehingga dapat mengalirkan arus listrik.

Gambar  Konstruksi dan sambungan Reed switch

Proximity switch inductif, capacitif dan optic adalah sensor-sensor elektronik. Biasanya biasanya mempunyai tiga titik kontak :

Ada dua macam sensor elektronik sehubungan dengan polaritas dari tegangan output

1. Pada sensor switching positif, tegangan output adalah nol bila tidak ada objek yang terdeteksi didekatnya.

2. Pada sensor switching negatif, tegangan sumber dipakai sebagai pemasok

bila ada objek yang terdeteksi didekatnya.Sensor proximity inductif terdiri dari oscilator (1), frekuensi modulasi (2) dan amplifier (3). Bila sumber tegangan dihubungkan, oscilator tersebut membangkitkan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi tinggi yang terinduksi di depan sensor. Sensor proximity inductif dapat digunakan untuk mendeteksi objek logam.

Gambar 4.9. Sensor proximity inductif.Sensor proximity capacitif sama dengan Sensor proximity inductif terdiri dari oscilator (1), frekuensi modulasi (2) dan amplifier (3). Bila sumber tegangan dihubungkan, oscilator RC tersebut membangkitkan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi tinggi yang terinduksi di depan sensor. Sensor proximity inductif dapat digunakan untuk mendeteksi objek non logam

Gambar  Sensor proximity capacit

Sensor proximity optic memanfaatkan sarana optik dan elektronik untuk mendeteksi suatu objek menggunakan cahaya inframerah. Light Emiting Diode (LED) digunakan sebagai pembangkit cahaya inframerah dan foto transistor dimanfaatkan sebagai penerima. Sensor proximity optic dapat dibedakan menjadi tiga macam

2. Uraian Materi

Komponen kontrol elektropneumatikLimit switchgerakan dari bagian mesin yang menyentuh roller atau tuasdari limit switch tersebut sehingga kontak-kontak yang ada pada bagiandalamnya ikut bekerja. Kontak-kontak tersebut dihubungkan kerangkaian kontrol elektropneumatik.

Gambar Limit Switch Elektronik

Apabila suatu bagian mesin menyentuh roller atau tuas dari limitswitch maka limit switch tersebut akan mengeluarkan sinyal elektrikuntuk mengendalikan suatu sistem. Limit switch ini biasa digunakanuntuk memutuskan atau menyambungkan aliran arus pada rangkaiankontrol elektronik. Konstruksidari limit switch dapat dilihat pada gambarberikut.

Gambar  Konstruksi Limit Switch

Kondisi limit switch tidak aktif (tuas rol tidak tertekan) kontak NOterbuka dan kontak NC tertutup. Jika rol tertekan dengan tekanan lebihbesar daripadagaya pegas penahan tekanan, maka pengungkit menarikplat penghubung kontak ke atas sehingga kontak NO menjadi tertutupdan kontak NC menjadi terbuka. Bila tekanan pada rol hilang, maka pegaspenahan tekanan kembali ke posisi semula dan pegas penahan kontakmenekan plat penghubung kontak ke bawah sehingga posisi kontakkembali seperti semula. Cara kerja limit switch dapat dilihat pada gambarberikut.

Gambar  Cara Kerja Limit SwitchSaklar Proksimity ( Proxsimity switch)

Sensor proximity berbeda dengan limit switch, sensor proximitybekerja tanpa kontak langsung dengan objeknya dan tanpa gerakanmekanik. Sehingga sakelar tersebut bisa bertahan lebih lama dankinerjanya sangat handal. Jenis sakelar proksimitas dibedakan sebagaiberikut.1) Red SwitchRed switch adalah sakelar proksimitas yang bekerja secarakemagnetan, terdiri dari dua kontak yang diletakan di dalam tabunggelas berisi gas. Medan magnet yang menyebabkan kedua kontaktersebut terhubung sehingga dapat mengalirkan arus listrik.2) Proximity Switch InductifSensor proximity inductif terdiri dari oscilator (1), frekuensi modulasi (2) dan amplifier (3). Bila sumber tegangan dihubungkan, oscilator tersebut membangkitkan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi tinggi yang terinduksi di depan sensor. Sensor proximity inductif dapat digunakan untuk mendeteksi objek logam.3) Proximity Switch CapasitifSensor proximity capacitif sama dengan Sensor proximity inductif terdiri dari osilator (1), frekuensi modulasi (2) dan amplifier (3). Bila sumber tegangan dihubungkan, oscilator RC tersebut membangkitkan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi tinggi yang terinduksi di depan sensor. Sensor proximity inductif dapat digunakan untuk mendeteksi objek non logam.4) ProximitySwitch OpticSensor proximity optic memanfaatkan sarana optik dan elektronik untuk mendeteksi suatu objek menggunakan cahaya inframerah. Light Emiting Diode (LED) digunakan sebagai pembangkit cahaya inframerah dan foto transistor dimanfaatkan sebagai penerima. Sensor proximity optic dapat dibedakan menjadi tiga macam :Penghambat cahaya searahPenghambat cahaya reflektifSensor optik reflektif tersebar (difuse)

Tugas :

  1. Sebutkan beberapa jenis saklar proximitas ?
  2. Proximity switch inductif, capacitif dan optic adalah sensor-sensor  elektronik. Biasanya biasanya mempunyai tiga titik kontak yaitu .................., .............. dan ...............
  3. Sebutkan dan jelaskan dua macam sensor elektronik sehubungan dengan polaritas dari tegangan output !
  4. Sebutkan 3 buah Sensor proximity optic!
  5. Jelaskan prinsip kerja limit switch